468x150 Ads

dasar-dasar UML bag 2

Statechart Diagram/ state machine diagram/ diagram status
Statechart diagram menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke state lainnya) suatu objek pada sistem sebagai akibat dari  stimuli yang diterima. Pada umumnya  statechart diagram menggambarkan  class tertentu (satu  class dapat memiliki lebih dari satu  statechart  diagram).

Dalam UML,  state digambarkan berbentuk segiempat dengan sudut membulat dan memiliki nama sesuai kondisinya saat itu. Transisi antar  state umumnya memiliki kondisi guard yang merupakan syarat terjadinya transisi yang bersangkutan, dituliskan dalam kurung siku. Action yang dilakukan sebagai akibat dari event tertentu dituliskan dengan diawali garis miring.  Titik awal dan akhir digambarkan berbentuk lingkaran berwarna penuh dan berwarna setengah

keterangna gambar
 
 start (initial state) 
 
keadaan awal pada saat sistem mulai hidup

end (final state)
 
state keadaan akhir dari daur hidup suatu sistem

event
 
kegiatan yang menyebabkan berubahnya status mesin

state


keadaan sistem pada waktu tertentu, state dapat berubah jika ada event tertentu yang memicu perubahan tersebut



Activity Diagram

Activity diagrams menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal,  decision yang mungkin terjadi, dan bagaimana mereka berakhir.  Activity diagram juga dapat menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi. 

Activity diagram merupakan state diagram khusus, di mana sebagian besar state adalah action dan sebagian besar transisi di-trigger oleh selesainya  state sebelumnya (internal processing). Oleh karena itu  activity diagram tidak menggambarkan behaviour internal sebuah sistem (dan interaksi antar subsistem) secara eksak, tetapi lebih menggambarkan proses-proses dan jalur-jalur aktivitas dari level atas secara umum.

Sama seperti  state, standar UML menggunakan segiempat dengan sudut membulat untuk menggambarkan aktivitas. Activity diagram dapat dibagi menjadi beberapa object swimlane untuk menggambarkan objek mana yang bertanggung jawab untuk aktivitas tertentu.
Contoh activity diagram tanpa swimlane:



keterangan gambar
swimlane



memisahakan organisasi bisnis yang bertanggung jawab terhadap aktivitas yang terjadi

penggabungan/ join

asosiasi penggabungan dimana lebih dari satu aktivitas digabungkan menjadi satu

untuk activity diagram terdapat simbol state, aktivitas, decision berikut penjelasannya sama seperti Statechart Diagram/ state machine diagram




Sequence Diagram

Sequence diagram menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna,  display, dan sebagainya) berupa message yang digambarkan terhadap waktu.  Sequence diagram terdiri atar dimensi vertikal (waktu) dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait).

Sequence diagram biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respons dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu. Diawali dari apa yang men-trigger aktivitas tersebut, proses dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output apa yang dihasilkan.

Masing-masing objek, termasuk aktor, memiliki lifeline vertikal.  Message digambarkan sebagai garis berpanah dari satu objek ke objek lainnya. Pada fase desain berikutnya, message akan dipetakan menjadi operasi/metoda dari class.  Activation bar menunjukkan lamanya eksekusi sebuah proses, biasanya diawali dengan diterimanya sebuah message.
Untuk objek-objek yang memiliki sifat khusus, standar UML mendefinisikan  icon khusus untuk
objek boundary, controller dan persistent entity.


keterangan gambar

lifeLine



 Lifeline  mengindikasikan  keberadaan sebuah object  dalam basis waktu. Notasi untuk  Lifeline  adalah  garis  putus-putus vertikal yang ditarik dari sebuah object .

activations
 
Activation  dinotasikan  sebagai  sebuah kotak  segi  empat  yang  digambar  pada sebuah  lifeline.  mengindikasikan  sebuah obyek yang akan melakukan sebuah aksi. 


Message
 
Message, digambarkan dengan anak panah horizontal antara Activation Message mengindikasikan komunikasi antara object -object

Boundary class

adalah class yang menghubungkan user dengan sistem. Oleh karena itu sering disebut juga sebagai user interface class. Biasanya dimulai dengan menetapkan 1 boundary   class   untuk   setiap   pasangan actor-use   case.   User   interface   class   ini   sering disamakan dengan form yang digunakan sebagai interface antara sistem dengan user.

Control class



class   yang  mengkoordinasi   aktivitas  dalam  sistem.  Class   ini menghubungkan boundary class dengan entity class. Jadi mengkoordinasi entity class mana yang perlu dikunjungi, kapan dan apa yang ingin didapatkan dari entity class tersebut.

entity class
 
class   yang   behubungan   dengan   data   atau   informasi   yang digunakan oleh sistem. Entity class ini adalah class yang menyimpan dan mengolah data.

Collaboration Diagram

Collaboration diagram juga menggambarkan interaksi antar objek seperti sequence diagram, tetapi lebih menekankan pada peran masing-masing objek dan bukan pada waktu penyampaian message. Setiap message memiliki sequence number, di mana message dari level tertinggi memiliki nomor 1. Messages dari level yang sama memiliki prefiks yang sama


keterangan gambar




























3 komentar:

{ Jay } at: June 25, 2012 at 6:04 AM said...

mantapppppp cooyyy

{ Jay } at: June 25, 2012 at 6:07 AM said...

goreng ah teu bisa kakopi gambarna......

{ Unknown } at: June 27, 2012 at 6:34 AM said...

karunya...!!

Post a Comment

test

Powered by Blogger.