Statechart Diagram/ state machine diagram/ diagram status
Statechart diagram menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke state lainnya) suatu objek pada sistem sebagai akibat dari stimuli yang diterima. Pada umumnya statechart diagram menggambarkan class tertentu (satu class dapat memiliki lebih dari satu statechart diagram).
Dalam UML, state digambarkan berbentuk segiempat dengan sudut membulat dan memiliki nama sesuai kondisinya saat itu. Transisi antar state umumnya memiliki kondisi guard yang merupakan syarat terjadinya transisi yang bersangkutan, dituliskan dalam kurung siku. Action yang dilakukan sebagai akibat dari event tertentu dituliskan dengan diawali garis miring. Titik awal dan akhir digambarkan berbentuk lingkaran berwarna penuh dan berwarna setengah
Statechart diagram menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke state lainnya) suatu objek pada sistem sebagai akibat dari stimuli yang diterima. Pada umumnya statechart diagram menggambarkan class tertentu (satu class dapat memiliki lebih dari satu statechart diagram).
Dalam UML, state digambarkan berbentuk segiempat dengan sudut membulat dan memiliki nama sesuai kondisinya saat itu. Transisi antar state umumnya memiliki kondisi guard yang merupakan syarat terjadinya transisi yang bersangkutan, dituliskan dalam kurung siku. Action yang dilakukan sebagai akibat dari event tertentu dituliskan dengan diawali garis miring. Titik awal dan akhir digambarkan berbentuk lingkaran berwarna penuh dan berwarna setengah
keterangna gambar
start (initial state)
keadaan awal pada saat sistem mulai hidup
end (final state)
state keadaan akhir dari daur hidup suatu sistem
event
kegiatan yang menyebabkan berubahnya status mesin
state
keadaan sistem pada waktu tertentu, state dapat berubah jika ada event tertentu yang memicu perubahan tersebut
Activity Diagram
Activity diagrams menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal, decision yang mungkin terjadi, dan bagaimana mereka berakhir. Activity diagram juga dapat menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi.
Activity diagram merupakan state diagram khusus, di mana sebagian besar state adalah action dan sebagian besar transisi di-trigger oleh selesainya state sebelumnya (internal processing). Oleh karena itu activity diagram tidak menggambarkan behaviour internal sebuah sistem (dan interaksi antar subsistem) secara eksak, tetapi lebih menggambarkan proses-proses dan jalur-jalur aktivitas dari level atas secara umum.
Sama seperti state, standar UML menggunakan segiempat dengan sudut membulat untuk menggambarkan aktivitas. Activity diagram dapat dibagi menjadi beberapa object swimlane untuk menggambarkan objek mana yang bertanggung jawab untuk aktivitas tertentu.
Contoh activity diagram tanpa swimlane:
keterangan gambar
swimlane
memisahakan organisasi bisnis yang bertanggung jawab terhadap aktivitas yang terjadi
penggabungan/ join
asosiasi penggabungan dimana lebih dari satu aktivitas digabungkan menjadi satu
untuk activity diagram terdapat simbol state, aktivitas, decision berikut penjelasannya sama seperti Statechart Diagram/ state machine diagram
Sequence Diagram
Sequence diagram menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, display, dan sebagainya) berupa message yang digambarkan terhadap waktu. Sequence diagram terdiri atar dimensi vertikal (waktu) dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait).
Sequence diagram biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respons dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu. Diawali dari apa yang men-trigger aktivitas tersebut, proses dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output apa yang dihasilkan.
Masing-masing objek, termasuk aktor, memiliki lifeline vertikal. Message digambarkan sebagai garis berpanah dari satu objek ke objek lainnya. Pada fase desain berikutnya, message akan dipetakan menjadi operasi/metoda dari class. Activation bar menunjukkan lamanya eksekusi sebuah proses, biasanya diawali dengan diterimanya sebuah message.
Untuk objek-objek yang memiliki sifat khusus, standar UML mendefinisikan icon khusus untuk
objek boundary, controller dan persistent entity.
keterangan gambar
lifeLine
Lifeline mengindikasikan keberadaan sebuah object dalam basis waktu. Notasi untuk Lifeline adalah garis putus-putus vertikal yang ditarik dari sebuah object .
activations
Activation dinotasikan sebagai sebuah kotak segi empat yang digambar pada sebuah lifeline. mengindikasikan sebuah obyek yang akan melakukan sebuah aksi.
Message
Message, digambarkan dengan anak panah horizontal antara Activation Message mengindikasikan komunikasi antara object -object
Boundary class
adalah class yang menghubungkan user dengan sistem. Oleh karena itu sering disebut juga sebagai user interface class. Biasanya dimulai dengan menetapkan 1 boundary class untuk setiap pasangan actor-use case. User interface class ini sering disamakan dengan form yang digunakan sebagai interface antara sistem dengan user.
Control class
class yang mengkoordinasi aktivitas dalam sistem. Class ini menghubungkan boundary class dengan entity class. Jadi mengkoordinasi entity class mana yang perlu dikunjungi, kapan dan apa yang ingin didapatkan dari entity class tersebut.
entity class
class yang behubungan dengan data atau informasi yang digunakan oleh sistem. Entity class ini adalah class yang menyimpan dan mengolah data.
Collaboration Diagram
Collaboration diagram juga menggambarkan interaksi antar objek seperti sequence diagram, tetapi lebih menekankan pada peran masing-masing objek dan bukan pada waktu penyampaian message. Setiap message memiliki sequence number, di mana message dari level tertinggi memiliki nomor 1. Messages dari level yang sama memiliki prefiks yang sama
keterangan gambar
kegiatan yang menyebabkan berubahnya status mesin
state
keadaan sistem pada waktu tertentu, state dapat berubah jika ada event tertentu yang memicu perubahan tersebut
Activity Diagram
Activity diagrams menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal, decision yang mungkin terjadi, dan bagaimana mereka berakhir. Activity diagram juga dapat menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi.
Activity diagram merupakan state diagram khusus, di mana sebagian besar state adalah action dan sebagian besar transisi di-trigger oleh selesainya state sebelumnya (internal processing). Oleh karena itu activity diagram tidak menggambarkan behaviour internal sebuah sistem (dan interaksi antar subsistem) secara eksak, tetapi lebih menggambarkan proses-proses dan jalur-jalur aktivitas dari level atas secara umum.
Sama seperti state, standar UML menggunakan segiempat dengan sudut membulat untuk menggambarkan aktivitas. Activity diagram dapat dibagi menjadi beberapa object swimlane untuk menggambarkan objek mana yang bertanggung jawab untuk aktivitas tertentu.
Contoh activity diagram tanpa swimlane:
keterangan gambar
swimlane
memisahakan organisasi bisnis yang bertanggung jawab terhadap aktivitas yang terjadi
penggabungan/ join
asosiasi penggabungan dimana lebih dari satu aktivitas digabungkan menjadi satu
untuk activity diagram terdapat simbol state, aktivitas, decision berikut penjelasannya sama seperti Statechart Diagram/ state machine diagram
Sequence Diagram
Sequence diagram menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, display, dan sebagainya) berupa message yang digambarkan terhadap waktu. Sequence diagram terdiri atar dimensi vertikal (waktu) dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait).
Sequence diagram biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respons dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu. Diawali dari apa yang men-trigger aktivitas tersebut, proses dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output apa yang dihasilkan.
Masing-masing objek, termasuk aktor, memiliki lifeline vertikal. Message digambarkan sebagai garis berpanah dari satu objek ke objek lainnya. Pada fase desain berikutnya, message akan dipetakan menjadi operasi/metoda dari class. Activation bar menunjukkan lamanya eksekusi sebuah proses, biasanya diawali dengan diterimanya sebuah message.
Untuk objek-objek yang memiliki sifat khusus, standar UML mendefinisikan icon khusus untuk
objek boundary, controller dan persistent entity.
keterangan gambar
lifeLine
Lifeline mengindikasikan keberadaan sebuah object dalam basis waktu. Notasi untuk Lifeline adalah garis putus-putus vertikal yang ditarik dari sebuah object .
activations
Activation dinotasikan sebagai sebuah kotak segi empat yang digambar pada sebuah lifeline. mengindikasikan sebuah obyek yang akan melakukan sebuah aksi.
Message
Message, digambarkan dengan anak panah horizontal antara Activation Message mengindikasikan komunikasi antara object -object
Boundary class
adalah class yang menghubungkan user dengan sistem. Oleh karena itu sering disebut juga sebagai user interface class. Biasanya dimulai dengan menetapkan 1 boundary class untuk setiap pasangan actor-use case. User interface class ini sering disamakan dengan form yang digunakan sebagai interface antara sistem dengan user.
Control class
class yang mengkoordinasi aktivitas dalam sistem. Class ini menghubungkan boundary class dengan entity class. Jadi mengkoordinasi entity class mana yang perlu dikunjungi, kapan dan apa yang ingin didapatkan dari entity class tersebut.
entity class
class yang behubungan dengan data atau informasi yang digunakan oleh sistem. Entity class ini adalah class yang menyimpan dan mengolah data.
Collaboration Diagram
Collaboration diagram juga menggambarkan interaksi antar objek seperti sequence diagram, tetapi lebih menekankan pada peran masing-masing objek dan bukan pada waktu penyampaian message. Setiap message memiliki sequence number, di mana message dari level tertinggi memiliki nomor 1. Messages dari level yang sama memiliki prefiks yang sama
keterangan gambar
3 komentar:
mantapppppp cooyyy
goreng ah teu bisa kakopi gambarna......
karunya...!!
Post a Comment