468x150 Ads

dasar-dasar UML bagian 1

Unified Modelling Language (UML) adalah sebuah "bahasa" yg telah menjadi standar dalam
industri untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan sistem piranti lunak. UML
menawarkan sebuah standar untuk merancang model sebuah sistem.

UML mendefinisikan diagram-diagram sebagai berikut:
•  use case diagram
•  class diagram 
•  statechart diagram
•  activity diagram
•  sequence diagram
•  collaboration diagram
•  component diagram
•  deployment diagram

Use Case Diagram
adalah pemodelan untuk kelakuan (behavior) sistem informasi yang akan dibuat. use case mendeskripsikan sebuah interaksi antara satu atu lebih aktor dengan sistem informasi yang akan dibuat. secara kasar use case digunakan untuk mengetahui fungsi apa saja yg ada didalam sistem informasi dan siapa saja yg berhak menggunakan sistem tersebut, contoh use case liat di bawah

actors

orang, proses, atau sistem yg berinteraksi dengan SI yg akan dibuat di luar SI

use case
 
  Deskripsi fungsi dari sebuah sistem dari perspektif pengguna

extends
 
Perilaku  use  case  yang  memperluas perilaku use case yang lain, mirip prinsip inherintance pada pemrograman berorientasi objek, biasanya use case tambahan memiliki nama depan yang sama dengan use case yang di tambahkan, misalnya arah panah mengarah pada usecase yg di tambahkan

generilzation

hubungan generalisasi dan spesialisasi (umum-khusu) antara 2 buah use case di mana fungsi yang satu adalah fungsi yang lebih umum dari yang lainnya, arah panah mengarah pada use case yang menjadi generalisasinya (umum)

association

komunikasi antar aktor dan use case yang berpartisipasi pada use case atau sebaliknya

Class Diagram

Class adalah sebuah spesifikasi yang jika diinstansiasi akan menghasilkan sebuah objek dan
merupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek. Class menggambarkan keadaan
(atribut/properti) suatu sistem, sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasi keadaan tersebut
(metoda/fungsi). 

Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi  class, package dan objek beserta hubungan
satu sama lain seperti containment, pewarisan, asosiasi, dan lain-lain.

Class memiliki tiga area pokok :
1.  Nama (dan stereotype)
2.  Atribut
3.  Metoda

Atribut dan metoda dapat memiliki salah satu sifat berikut :
•  Private, tidak dapat dipanggil dari luar class yang bersangkutan
•  Protected, hanya dapat dipanggil oleh  class yang bersangkutan dan anak-anak yang
mewarisinya
•  Public, dapat dipanggil oleh siapa saja
                   
contoh class diagram





keterangan
class

kelas pada struktur sistem

antarmuka/ interface

sama dengan konsep interface dalam OOP

asosiasi berarah




relasi antar kelas dengan makna umum, asosia biasanya juga disertai dengan mulitiply

kebergantungan
 
relasi antar class dengan makna kebergantungan


agregasi



relasi antar kelas dengan makna semua-bagian (whole-part)

generilzation

hubungan generalisasi dan spesialisasi (umum-khusu) antara 2 buah use case di mana fungsi yang satu adalah fungsi yang lebih umum dari yang lainnya, arah panah mengarah pada use case yang menjadi generalisasinya (umum)

association

komunikasi antar aktor dan use case yang berpartisipasi pada use case atau sebaliknya



1 komentar:

{ Jay } at: June 25, 2012 at 6:04 AM said...

gagah lurr

Post a Comment

test

Powered by Blogger.