468x150 Ads

Kisi-kisi SIA

haduh.. dah mulai UTS nih.... + bingung lagi.. banyak yg minta materi minta di kirim email... padahal di tinggal donlot di group FB,, aneh aja,,, 

oh iya.. kisi-kisi UTS bisa di liat di bawah ini
PG
sistem: pengrtian karakter,
model: apa itu, data, informasi=>ciri, fungsi, dan contoh
sistem software: e, bisnis, commerce, programer, tujuan SIM, SCM, flowchart, progarm flochart
SIA, desiain dari SIA, informasi dari SIA=>hasilnya apa
essay
SIM, SIA, SPI=>sistem pengendalian interin

nah untuk jawabannya.... 
Sistem: sistem adalah sekumpulan komponen/ elemen/ subsistem yg berkerja secara harmonis untuk tujuan tertentu
Informasi: data yg sudah di olah menjadi bentuk  yang berarti bagi penerimanya dan berguna untuk pengambilan keputusan untuk saat ini dan masa yg akan datang
Akutansi: proses pengidentifikasian, penggolongan, penyortiran, pengikhtisaran, dan penyajian transaksi keuangan (informasi
ekonomi) sehingga dapat dilakukan penilaian dan pengambilan keputusan oleh pemakai informasi tersebut
Data, data merupakan fakta yang dijadikan bahan baku untuk menjadi informasi yang berguna
Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah adalah suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan yang relevan bagi perusahaan dan pihak ekstern.
Karakter SI
Komponen (Elemen),Batasan sistem (Boundary), Lingkungan luar (Environment), Penghubung sistem (Interface), Masukan (Input), Keluaran (Output), Sasaran sistem (Objective), proses
contoh data dan informasi
 Contoh 1: Data : Suhu udara di ruang kelas saat ini 20 °C Informasi : Ruang kelas dingin 
sistem software adalah yang sering digunakan untuk menjelaskan program-program dan module program yang berlaku untuk semua sistim bukan hanya untuk satu aplikasi atau programmer.
E-commerce berarti transaksi bisnis melalui internet di mana pihak-pihak yang terlibat melakukan penjualan atau pembelian. Transaksi yang dilakukan dalam e-commerce pada dasarnya melibatkan pengalihan (transfer) atau penyerahterimaan (handing over) kepemilikan dan hak atas produk atau jasa.
E-business lebih mengenai pembuatan produk besar, ide kreatif dan pemberian layanan yang bermutu, perencanaan pemasaran produk dan pelaksanaannya. Jadi, tentu saja, e-commerce merupakan bagian takterpisahkan dari proses e-business, namun dalam kerangka terbatas, e-commerce merupakan kegiatan menjual dan membeli.
1.       E-business lebih luas dalam lingkup dan e-commerce hanya merupakan satu aspek atau satu bagian dari e-business.
2.       E-commerce pada prinsipnya melibatkan perdagangan uang sedangkan dalam e-business, transaksi uang tidak diperlukan.
SIA : mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkominikasikan informasi keuangan
SIM: mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkominikasikan semua tipe informasi
¢  Untuk organisasi kecil SIA hampir mewakili semua SIM dengan kata lain SIA=SIM, SIM=SIA
¢  Untuk organisasi besar SIA merupakan subsistem dari SIM
desain SIA

SIM menangani  semua data yang masuk kedalam organisasi  dan menghasilkan informasi   yang   dibutuhkan   oleh   semua   tingkatan   manajemen   yang   dapat   berupa informasi keuangan dan informasi yang diahasilkan dari pengolahan data transaksi yang bukan bersifat keuangan.
(SCM) adalah pengelolaan informasi, barang dan jasa mulai dari pemasok paling awal sampai ke konsumen paling akhir dengan menggunakan pendekatan sistem yang teritegrasi untuk tujuan yang sama.
Flowchart adalah penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urut- urutan prosedur dari suatu program¢   

contoh flow chart (ky.a ini sistem realtime deh)
hasil dari SIA:
  • Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu
  • Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan 
  •  Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan 
  •  Meningkatkan sharing knowledge 
  •  Menambah efesiensi kerja pada bagian keuangan 
  •  Dapat membantu meningkatkan Laba organisasi dengan memperbaiki efektifitas dan efisiensi Value Chain.

Pengendalian intern suatu sistem yang terdiri dari berbagai unsur dan tidak terbatas pada metode pengendalian yang dianut oleh  bagian  akuntansi  dan  keuangan,  tetapi  meliputi  pengendalian anggaran, biaya  standar, program pelatihan pegawai dan  staf pemeriksa  intern. Bertujuan Mengamankan harta perusahaan, Memperoleh data yang dipercaya, Melancarkan Operasi dan Efisien, Mendorong ditaatinya kebijakan-kebijakan manajemen
elemen pengendalian intern Lingkungan Pengendalian, Penilaian Resiko, Prosedur Pengendalian, Pemantauan, Informasi dan Komunikasi, Metode dalam pengendalian intern yaitu:
Penjagaan Fisik :teknik pengendalian dalam menjaga asset-asset yang terdapat didalam sumber daya. tujuan mencegah terjadinya penggelapan asset, mencegah pembobolan data, melindungi kerusakan dokumenan
Pengendalian Keorganisasian pengendalian atau pendekatan yang dilakukan untuk mengordinir segala isi dari sumber daya yang ada dalam organisasi misalnya, SDM, struktur organisasi, sistem pembuatan dokumen transaksi, Tujuan : Mencegah terjadinya duplikasi penugasan,  keharmonisan dalam organisasi, pemecahan masalah,dsb.
Kebijakan-kebijakan akuntansi  teknik pengendalian yang memberikan kebijakan terhadap kas untuk menyeimbangkan agar tidak terjadi pemborosan. tujuan : Mencegah terjadinya kerugian, mencegah kesalahan penentuan biaya, dsb
Praktik-praktik klerikal pengontrolan dalam bentuk tertulis,biasanya pada bagian administrasi segala hal pencatatan untuk melakukan pemrosesan data dan bisnis. Tujuan : Melindungi human error, tidak terjadinya kesalahan pencatatan,dsb.

 hahahaha.... maaf acak-acakan... dari pada ga ada... bener ga..??? 


0 komentar:

Post a Comment

test

Powered by Blogger.